pembelajaran tatap muka terbatas

Pemerintah akhirnya mengumumkan seluruh satuan pendidikan dapat memulai Pembelajaran Tatap Muka secara Terbatas (PTMT) pada bulan Juli 2021 nanti. Hal itu tertuang dalam keputusan SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Berlandaskan dari hal tersebut, SMK Binakarya Mandiri 2 Kota Bekasi tentunya bersiap untuk melaksanakan program PTMP. Ada beberapa pedoman dari pemerintah yang dipersiapkan oleh sekolah untuk menunjang pelaksanaan program tersebut, seperti; sistem rotasi, kapasitas 50 persen, izin orang tua, protokol kesehatan ketat, dan prioritas vaksinasi. Syukur alhamdulillah, dengan semangat untuk menyongsong masa PTMT, SMK BKM 2 sudah melakukan dan mempersiapkan pedoman dari pemerintah.

Guru SMK BKM 2 Siap Pembelajaran Tatap Muka secara Terbatas

Sembari sekolah menyiapkan persyaratan pelaksanaan PTMP, para guru SMK BKM 2 pun bergegas dan meng-upgrade kemampuan mengajarnya masing-masing, terutama dibidang teknologi informasi. Perlu diketahui bahwa masa PTMT nanti, pelaksanaan pembelajaran akan dibuat bergiliran. Separuh belajar dari rumah atau biasa disebut PJJ atau daring, dan separuh lagi belajar tatap muka di sekolah setiap minggunya. Dan akan digilir pada minggu berikutnya. Tentunya ini menjadikan sebuah pengalaman yang baru dan menjadikan tantangan tersendiri buat para guru dan siswa.

Pelatihan yang tengah dilaksanakan saat ini lebih difokuskan kepada meningkatkan kemampuan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring. Seperti yang telah dilaksanakan kemarin tanggal 3, 5, 6 dan 7 April 2021. Selama 4 hari para guru menajamkan skill teknologi informasi guna menunjang pembelajaran daring. Beberapa materi pelatihan yang tengah dipelajari adalah:

  1. Aplikasi kejar.id
  2. Google suite for education
  3. Aplikasi M-Try Out

Dengan diadakannya pelatihan ini, diharapkan para guru dapat segera berakselerasi melakukan proses pembelajaran tatap muka secara terbatas yang tentunya dibutuhkan strategi yang jitu dan mumpuni. Bagaimana tidak, disamping ngajar tatap muka, ngajar daring pun masing tetap dilakukan. Semoga semua hal baik yang dilakukan dapat mengantarkan siswa/i SMK Binakarya Mandiri 2 menjadi pribadi yang sukses, bermanfaat dan berguna bagi lingkungan sekitar.

 2,557 kali dilihat,  35 kali dilihat hari ini