Our Blog

Tips Jitu Memilih Bidang Keahlian SMK

Tips Jitu Memilih Bidang Keahlian SMK penting diketahui oleh setiap calon siswa yang akan melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan. Kenapa memilih bidang keahlian atau kompetensi dikatakan penting? Tentu sangat penting, karena salah memilih bidang keahlian pada akhirnya mimpi dan cita-cita setelah menyelesaikan pendidikan di SMK tidak ada artinya. Percaya atau tidak, silahkan lihat berapa banyak lulusan SMK bidang teknologi yang pada akhirnya hanya menghitung hari, minggu dan bulan sambil minum kopi gratisan. Memilih dan memilah bukan larangan, bahkan perlu dilakukan apalagi demi masa depan. Jika posting kemarin mengenai tips memilih SMK terbaik, kini bagaimana tips jitu memilih bidang keahlian di SMK Terbaik yang telah dipilih.

Tips Jitu Memilih Bidang Keahlian SMK

Memilih bidang kompetensi harus betul-betul matang dan bukan sekedar ikut-ikutan atau kata teman dan lain sebagainya. Memilih bidang kompetensi sama seperti memilih baju atau celana, apakah cocok bila nanti digunakan dan apakah tidak kebesaran atau kekecilan. Bidang kompetensi di SMK sangat beragam, disini perlu pertimbangan dengan melihat diri calon siswa SMK itu sendiri. Misalnya adalah apakah calon siswa mampu bekerja berat dan berbaur dengan hitamnya oli bekas? Atau mungkinkah calon siswa masuk ke bidang kompetensi elektronik, padahal memiliki kekurangan pada penglihatannya yang buta warna. Nah, hal-hal tersebut perlu dipikirkan dan bukan sekedar gaya-gayaan, agar dibilang keren kalau sudah masuk teknik kendaraan ringan atau lain sebagainya.

Jadi apa yang perlu dilakukan oleh calon siswa dan orang tua/wali dalam memilih bidang kompetensi di SMK? Tips memilih bidang kompetensi di SMK sebenarnya sederhana, yaitu seperti contoh beberapa pertimbangan dibawah ini:

  • Calon siswa hobi utak-atik dan tidak kenal menyerah, serta tidak takut gagal ketika melakukan pekerjaan
  • Calon siswa memilih kegemaran unik seperti bongkar pasang mainan sejak kecil
  • Calon siswa memiliki minat yang membara pada salah satu bidang yang ada di SMK
  • Calon siswa tidak berniat masuk SMK, karena tidak mampu pada salah satu bidang mata pelajaran
  • dan banyak lagi yang perlu dibuat atau indentifikasi dalam memilih bidang kompetensi di SMK

Contoh diatas akan berguna dan membuat calon siswa sukses ketika belajar di SMK, bahkan akan menuai prestasi gemilang dengan karya-karyanya di SMK. Silahkan buat lebih banyak lagi pertimbangan-pertimbangan untuk membantu calon siswa memilih bidang kompetensi yang akan dipelajarinya di SMK. Jangan sampai hanya memilih bidang kompetensi akibat ikut-ikutan atau melihat bayangan.

Tips Jitu Memilih Bidang Keahlian SMK

Mudah-mudah Tips Jitu Memilih Bidang Keahlian SMK bernanfaat bagi calon siswa yang akan masuk ke SMK BKM 2 Bekasi. Pada akhirnya setelah selesai menjalani pendidikan di SMK, siswa akan memperoleh mimpi dan harapan besar di masa depan. Hindari masuk dan memilih kompetensi di SMK hanya untuk gaya-gayaan dan ikut-ikutan, sekali lagi pertimbangkan bidang kompetensi apa yang paling cocok. Dijamin siswa tersebut akan sukses dan berprestasi nantinya. Salam SMK Bisa!!